Translate

Cara mudah mencari tinggi kuda-kuda atap

Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi dan disertai angin yang kuat. Oleh karena itu, besarnya sudut kemiringan atap perlu diperhatikan agar mampu mengalirkan air hujan dengan baik dan lancar.

Kemiringan atap bermacam- macam sesuai pilihan material penutup atapnya. untuk atap genteng keramik atau beton, kemiringan atap harus agak curam dibandingkan dengan atap yang menggunakan bahan metal . Hal ini disebabkan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada sambungan antar bahan penutup atap tersebut.

kemiringan atap yang sering digunakan dilapangan antara 25-40 derajat namun yang paling banyak digunakan dilapangan adalah 30derajat. Dalam mengaplikasikan sudut kemiringan sesuai rencana atau keinginan maka langkah awal yang dilakukan adalah menentukan tinggi dari kuda kuda tersebut. Hal inilah yang sering menjadi kendala utama bagi para tukang apalagi pada pekerjaan yang tidak tersedia gambar kerja.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut tukankinsinyur memberikan contoh salah satu cara mudah untuk menentukan tinggi kuda kuda dengan menggunkan rumus :

Tinggi kuda kuda = ½ ( panjang bentang) x Tangent (sudut kemiringan atap)

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh berikut:

Contoh cara mencari tinggi kuda-kuda atap:

Diketahui panjang bentang atap untuk sebuah rumah sederhana adalah 6 meter dan dengan sudut kemiringan atap sebesar 30 derajat. Maka tinggi kuda kuda untuk rumah tersebut:

Tinggi kuda kuda = ½ panjang bentang X tan 30 derajat
Tinggi kuda kuda = (6 / 2) X 0,58
Tinggi kuda kuda = 3 X 0,58
Tinggi kuda kuda = 1,73 m

Agar lebih mudah diingat rumus untuk menghitung tinggi kuda kuda dngan sudut kemiringan 30 dapat disederhanakan menjadi

Tinggi kuda kuda = ½ panjang bentang X 0,58

Angka 0,58 tersebut merupakan nilai dari Tangen 30 derajat

Demikianlah cara mudah untuk menentukan tinggi kuda kuda Silakan anda coba dengan panjang bentang yang berbeda sesuai dengan kebutuhan anda. Bila ada permasalahan silahkan hubungi kami via email atau melalui form komentar yang tersedia. Tukank Insinyur siap membantu. Semoga bermanfaat.

14 comments:

  1. Kalau lebar rumah 7 mt panjang 15 mt berapa bos tinggi kuda kudanya yg bagus

    ReplyDelete
  2. Pak ,minta kalosolusi ukuran kuda2 buat rumah atap susun 2 bentang 12 lebar 8,makash pak

    ReplyDelete
  3. Bila bentang 6 m
    Tinggi 1,73 m
    Mk sisi miring berapa m?

    ReplyDelete
  4. Kalo ruma 6x9 panjan kalen 4meter tingi kuda2 berapa derajat dan meter...dan kemeringannya..

    ReplyDelete
  5. Mohon masukannya pk, saya mau membangun rumah dengan ukuran lebar 9 m panjang 22 m, berarti bentangan atapnya 22 m, setelah saya gunakan rumus 1/2 x 22 x 0,58 hasilnya 6,38 ketinggian kuda kudanya apa kira2 gk ketinggian. Mohon madukannya,terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Misalnya panjang 4,5 meter dan tinggi hrus brp ?

    ReplyDelete
  7. BP Roni yg baik hati
    Saya boleh tanya?
    Kalau atap rumah lantai 2 dengan bentang atap 8mx 7m apakah bisa di Limas? Dan tinggi ideal berapa ya Pak.. sebelum dan sesudah nya saya sangat berterimakasih sekali Pak..

    ReplyDelete
  8. jika kemringan 35° bagaimana cara menghitungnya misalnya bentang bangunan 10m

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau 35 derajat cukup di ingat 0.70
      jadi 0.70 x (5 mtr) setengah bentang.. = 3.5 mtr

      Delete

standard polisi tidur

p olisi tidur dibuat untuk menghambat pemakai jalan agar menurunkan laju kendaraannya tp karena pembuatannya yg tidak bener sehingga malah ...